Jumat, 30 Agustus 2024

Resum Para Remaja Harus Punya 4 Kunci ini Dalam Membangun Katangguhan Mental


 Program Brave! yang diselenggarakan oleh Genus Unusa bertujuan untuk mendukung SDGs, terutama dalam bidang kesehatan mental remaja. Pada acara pertama, seminar di Auditorium Unusa Kampus B membahas tentang ketangguhan mental remaja dalam menghadapi berbagai tantangan kehidupan. Pembicara utama, dr. Hafid Algristian, Sp.Kj., M.H., menekankan pentingnya memahami dan mengembangkan ketangguhan mental untuk remaja di era modern yang penuh dengan tekanan akademis, ekspektasi sosial, dan dampak negatif media sosial. Ada empat kunci utama yang harus dikuasai oleh remaja, yaitu kontrol, kepemilikan, cakupan, dan ketahanan, untuk mengatasi stres dan tantangan hidup.

Seminar ini juga menghadirkan dr. Amna Javed yang menjelaskan bahwa kesehatan mental remaja dipengaruhi oleh berbagai pengalaman sehari-hari, baik dari diri mereka sendiri maupun lingkungan sekitar. Pentingnya kesadaran terhadap apa yang bisa dan tidak bisa dikendalikan juga ditekankan, agar remaja dapat fokus pada hal-hal yang bisa mereka kontrol untuk mengurangi dampak negatif stres. Menanamkan mindset optimis dan adaptif juga menjadi hal penting dalam membantu remaja menghadapi berbagai permasalahan.

Diharapkan, kegiatan ini dapat memberikan wawasan baru dan mendorong kolaborasi lintas institusi untuk mendukung tercapainya SDGs, khususnya dalam aspek kesehatan mental remaja. Genus Unusa terus berkomitmen untuk menciptakan generasi muda yang tangguh dan siap menghadapi masa depan dengan keterampilan yang sesuai. Dengan begitu, mereka akan menjadi individu yang lebih kuat dan siap menghadapi setiap tantangan hidup dengan cara yang sehat dan konstruktif. 

Refenrensi : Para Remaja Harus Punya 4 Kunci ini Dalam Membangun Katangguhan Mental

Lihat juga blog teman saya : itfinnadiyah 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peran Mahasiswa dalam Kepedulian Lingkungan untuk Kesehatan dan Perwujudan Indonesia Emas

 Peran mahasiswa dalam kepedulian lingkungan sangat penting, terutama dalam upaya menjaga kesehatan dan mewujudkan Indonesia Emas 2045. Beri...